Tahap Finishing

Tips Finishing

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang kayu dan ingin mengecat rumah kayu sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menentukan jenis politur yang tahan panas dan hujan. Tentu politur berkualitas yang mampu memberikan perlindungan handal dan tahan tahunan. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan bahwa politur menjanjikan akan penampilannya.

Rotan yang telah menjadi furniture sudah menggunakan cat politur kayu untuk memperlihatkan penampilan alami. Dalam dunia industri juga mengenal rotan buatan atau rotan sintentik. Furniture yang menggunakan rotan sintetik ini biasanya digunakan untuk furniture outdoor. Namun jika dibandingkan dengan harga rotan asli harganya lebih mahal karena pembuatan rotan sintetik yang lumayan.

Finishing
Finishing

Memilih Politur Yang Tahan Panas Dan Hujan

Beberapa jenis bahan finishing seringkali ditawarkan untuk bisa memberikan lapisan pelindung pada kayu, yaitu politur. Politur menawarkan level ketahanan dan tampilan yang berbeda-beda dengan hasil yang sama-sama transparan. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih politur berkualitas, Yakni:

1. Tahan Melindungi Kayu

Hal utama yang penting adalah soal ketahanan dari politur itu sendiri. Apakah politur tahan panas, hujan dan cuaca. Terutama jika Anda menerapkannya pada balkon, lantai teras hingga area yang sering terpapar sinar matahari. Setiap kemasan produk politur selalu disertai dengan informasi berapa lama ketahanan dari produk tersebut.

2. Tampilan Warna Yang Dihasilkan

Beberapa jenis politur sudah memiliki kandungan pewarna dan juga ada yang transparan atau warna netral. Selera warna dapat Anda sesuaikan dengan keinginan dan dipadukan dengan tekstur kayunya. Ada juga politur yang memberikan tampilan mengkilap lho..? Jika kayu yang digunakan sudah memiliki warna eksotis maka tidak ada salahnya hanya menggunakan politur saja.

3. Mempunyai Kandungan Toxic

Bahan finishing termasuk politur memiliki kandungan toxic. Zat kimia ini memiliki aroma yang sangat menyengat dan mampu membuat hama kayu tidak menyukainya. Apabila penggunaannya melebihi ambang batas maka cukup berbahaya bagi kesehatan. Maka Anda wajib memastikan mengecat atau memolitur dalam kondisi ruangan berventilasi yang luas.